Pages

Selasa, 02 Februari 2010

Mau Punya Bakat Bisnis ???

Kali ini i ingin mengulas ttg bakat bisnis, karena selama i terjun langsung ddunia entrepreneur ^^ ketika i tanyakan knp ga ikutan bisnis atau kenapa ga mulai bisnis rata-rata jawabannya "aduh saya ga pnya bakat bisnis" atau "keluarga saya ga da yg bisa bisnis" dsb. hemmm ... memang tidak salah dengan alasan tersebut, but ada hal yg sptnya harus kita luruskan.
Kalo i perhatikan bisnis itu bukan hanya sekedar bakat atau tidak bakat, kecuali "bakat ku butuh*" (* reg: bhs. sunda - karena kebutuhan) tapi bisnis itu yang paling menentukan adalah faktor lingkungan. Terkadang ketika kita tidak berani mengambil keputusan untuk berbisnis sering menyalahkan karena kita tidak punya bakat bisnis.

Padahal kl qta mau perhatikan, apakah karena ortunya karyawan maka anaknya harus karyawan ?? atau ortunya dokter maka anaknya harus jadi dokter ?? Benarkah kita perlu berbakat untuk berbisnis ??
Jika boleh i artikan secara istilah "bakat" lebih masuk jika kita artikan sebagai lingkungan bukan hanya sekedar genetik atau bawaan. Kenyataannya lingkungan sangat berpengaruh besar dalam membentuk karakter atau kemampuan seseorang.
Bukan karena orangtua berstatus karyawn maka anaknya jadi karyawan melainkan lingkungan yang mengkondisikan kita menjadi karyawan sejak kecil. Kalau hanya mengandalkan keturunan atau bakat, maka tidak akan lahir Bob Sodino, Martha Tilaar atau Kolonel sanders (KFC), dll.
Jika sekarang anda merasa tidak punya bakat bisnis, itu karena anda belum pernah bersentuhan sama sekali dengan dunia bisnis. jangankan mencoba bisnis, mendengar kata bisnis saja mungkin sudah alergi.
Kadang alasan ini juga sering digunakan ketika ada tawaran bisnis datang, anda lebih sering mengatakan " saya tidak punya bakat bisnis" daripada "saya nggak ngerti sama sekali tentang bisnis"
so .... jika anda menjadi seornag pebisnis, mulailah gali potensi anda, cari informasi tentang bisnis sebanyak-banyaknya, ikuti komunitas-komunitas bisnis atau komunitas yang dapat mengkondisikan anda ttg bisnis, perluas jaringan dengan ikut komunitas bisnis yang beraura positif dan semangat bisnis.
Kl i simpulkan dari materi waktu SMB, ketika kita mau menjadi pebisnis kita harus mau BERUBAH-CHANGE mulai dari pola pikir kita, nilai-nilai dalam hidup kita dan aturan-aturan main kita, sehingga semua benar-benar mengarah ke bisnis.

Dan yang tidak kalah penting adalah MULAILAH dari SEKARANG !!! ACTION Boy ^_*

0 komentar:

Posting Komentar