Pages

Sabtu, 29 Agustus 2009

Ujian Tertinggi dlm kepemimpinan : Menciptakan Perubahan yang Positif (Materi LI Seri 4)

" Kalau anda tidak ingin kewalahan memikul bebanmu, anda harus mengembangkan dan melatih para pemimpin di bawahmu, Para pemimpin yang telah diperlengkapi akan mengembangkan dan memajukan masa depan organisasimu."
Materi LI kali ini adalah mengenai bagaimana seorang pemimpin menciptakan perubahan yang positif di organisasinya. Karena ternyata memang bukan hal yang mudah untuk mengadakan sebuah perubahan dalam sebuah organisasi ketika didalamnya sudah ada aturan yg sifatnya "warisan". oleh karena itu menciptakan perubahan positif ini merupakan ujian tertinggi dalam kepemimpinan.

Sebelumnya kita perhatikan fakta-fakta yang selama ini sering terjadi:
1. Setiap organisasi, jatuh bangungnya trgantung pada pemimpinnya
2. mengubah pemimpin bukan lah hal yang mudah
3. Para pemimpin menolak perubahan sebesar penolakan para pengikutnya terhadap perubahan. -> hal ini berakibat para pemimpin yang tidak pernah berubah = organisasi yang tak berubah,
oleh karena sebagai seorang pemimpin harusnya bersifat terbuka, dan lebih sabar dalam menghadapi semua kondisi yang terjadi dalam organsasinya.

Adapun profil pemimpin yang akan senantiasa berada dalam kesulitan :
1. Punya pemahaman yang buruk mengenai orang lain
2. kekurangan imajinasi -> hanya berfikir picik, berpikir pribadi untuk kepentingan diri sendiri
3. punya masalah-masalah pribadi, sehingga tidak prioritas dalam menjalankan tugasnya.
4. mengalihkan tanggungjawab -> tidak pernah terlatih
5. Merasa aman & puas
6. tidak terorganisir
7. mudah meledak kemarahannya
8. tidak mau mengambil resiko
9. merasa tidak aman&defensif (membela diri) - menghindari permasalahan
10. tidak mau bersikap lentur - kaku dg aturan
11. tidak punya semangat tim

Seorang pemimpin harus mengikuti perubahan yang ada, tidak kaku dengan aturan yang ada. karena dunia ini selalu mengalami perubahan, oleh karena itu seorang pemimpin harus mendorong terjadinya perubahan dan pertumbuhan serta menunjukan jalannya kepada orang-orang yang dipimpinnya.
Setiap kehidupan pasti akan ada yang namanya kegagalan, oleh karena itu kegagalan bukan disebabkan oleh kurangnya kemampuan teknis melainkan lemahnya motivasi. sehingga seorang pemimpin dia harus memiliki motivasi yang kuat sehingga bisa berefek semangatnya kepada orang-orang di bawahnya.
Perubahan tidak dimulai atas inisiatif sendiri, oleh karena itu:
1. libatkanlah orang-orang dan upayakan agar setiap perubahan memberi kontribusi akan suatu konsep perubahan sehingga mereka merasa memilikinya.
2. tanpa rasa memiliki konsep perubahan, maka resistensi akan muncul
3. jangan paksakan perubahan, sebaik apapun konsep perubahan tanpa dukungan penuh akan gagal.

mengapa perubahan itu sulit ? karena sudah ada yang namanya rutinitas yang akan terganggu.
- karena kebiasaan telah membuat kita nyaman, maka ketika ada perubahan akan merasa terganggu
- pada awal membangun kebiasaan akan mengalami kesulitan, tetapi kebiasaan akan mengendalikan kita.
- terbuka akan perubahan mula2 akan megancam kebiasaan kita & memakssa kita untuk memikirkan, mengevaluasi kembali dan kadang2 membuang prilaku di masa lalu.
- kenyamanan atas kebiasaan lama merupakan hambatan terbesar akan penerimaan perubahan, walaupun kita sadari perubahan tsb amat baik buat diri kita sendiri maka bangunlah keterbukaan akan perubahan.
"Orang baru mau berubah setelah mereka yakin bahwa keuntungan dari perubahan mengalahkan bila mereka tetap menjalankan cara yang sama.
" pemimpin sering gagal mengakui bahwa para pengikut akan selalu menimbang-nimbang masalah untung rugi perolehan/kehilangan pribadi daripada perolehan/kehilangan organisasi pada saat adanya rencana perubahan."

0 komentar:

Posting Komentar