Pages

Selasa, 21 Juli 2009

Definisi Kepemimpinan "Pengaruh"

Kali ini saya akan posting ttg materi-materi kepemimpinan. Materi ini i dapatkan dr LEadership Institute Tom Agency, dimana di sana i dididik u menjadi seorang leader selain itu i jg hrs bs menghasilkan leader-leader yang lain.
Leadership Institute ini terdiri atas 10 seri materi kepemimpinan, insya Allah semuanya akan i posting di blog ini sbg bahan masukan bagi siapapun yg sdh silaturahmi k blog ini. yuk qt mulai dg materi sesi 1, yaitu Definisi Kepemimpinan "Pengaruh"
Setiap leader jk ingin perkataannya di ikuti oleh tim yg di pimpinnya maka yg pertama kali adalah dia sendiri hrs bisa menjalankan apa yg dia katakan, sehingga tim di bawahnya akan mengikuti apa yg dia katakan.
Adapun bbrp definisi ttg pengaruh. diantaranya :

1. Setiap orang mempengaruhi seseorang
"setiap orang akan memimpin dlm bbrp hal, namun di bidang lain ia akan dipengaruhi/dipimpin o/ orang lain. Tapi dlm situasi apapun dg kelompok manapun selalu ada orang berpengaruh yang menonjol.
"perhatikan dalam kelompok tsb, saat mrk berkumpul khususnya dlm mengambil keputusan, siapa yg plg berpengaruh/dominan u diikuti pembicaraannya sbg bahan pertimbangan dlm pengambilan keputusan, disini akan mudah dilihat siapa pemimpin yg sejati.
2. Kita tidak pernah Tahu seberapa banyak kita mempengaruhi orang lain
"Cara yg paling efektif u memahami kekuatan pengaruh ialah dg memikirkan saat-saat ketika anda tersentuh o/ pengaruh seseorang/suatu peristiwa yg menentukan pilihan/keputusan menyangkut tindakan kita bahkan masa depan kita
kesan itu dpt sementara maupun seumur hidup spt yg memberi pengaruh : menyenangkan,menyembuhkan,menyakiti,meracuni,mencemari,dll
3. Investasi terbaik untuk masa depan adalah pengaruh yg tepat pd hari ini
- persoalannya bukan terletak pd apakah anda mempengaruhi seseorang/tidak, yg perlu dipastikan a/ pengaruh macam apakah anda pada orang lain?
apakah anda akan bertumbug dlm keahlian kepemimpinan anda ?
fakta bahwa kesempatan kepemimpinan itu begitu luas dan berada dlm jangkauan kebanyakan orang.
- apakah kepemimpinan anda membawa pencerahan bagi orang lain & menjadikan mereka menjadi pemimpin ?
4. Pengaruh a/ keahlian yg bisa dikembangkan
Tiga komponen segitiga kekuasaan menurut Robert Dilenschneider:
a. Komunikasi efektif
b. Pengakuan
c. Pengaruh
"mulailah berkomunikasi sec efektif, maka ia akan menuntun kpd arah pengakuan dan akhirnya akan memimpin pd pengaruh.
Qt dpat meningkatkan pengaruh qt & potensi kepemimpinan qta.

Ok, u smntara materi nya sampe sini dulu ya, bersambung ...

0 komentar:

Posting Komentar