Pages

Jumat, 13 Juli 2012

CARA MENENTUKAN AC YANG TEPAT

Pilihlah kapasitas AC sesuai besaran ruang kamar tidur anda. Lihat juga fiturnya, karena setiap merk AC mempunyai fitur yang berbeda. Selain itu kebutuhan konsumsi daya listriknya pun harus diperhatikan. Untuk melakukan penghematan pilih AC yang konsumsi listriknya lebih rendah.
Bermacam bentuk AC  yang diproduksi, bentuknya sudah menjadi bagian interior tersendiri di kamar anda.




Saat membeli AC berilah data ukuran kamar yang benar kepada salesnya karena ini menentukan kapasitas AC yang tepat untuk ruangan tersebut. Sebab jika dipasang AC yang terlalu besar akan boros energi dan terlalu dingin. Sebaliknya bila ukuran AC nya terlalu kecil, AC ini tidak akan mampu mendinginkan seluruh ruangan. Pada akhirnya suhu AC dipasang sangat rendah dan akan boros energi juga.
Ini cara menentukannya. Untuk mendapatkan suhu kamar tidur antara 23°C – 25°C dibutuhkan kapasitas pendingin 500 BTU/h/m2 pada siang hari, sedangkan pada malam hari memerlukan 350 BTU/h/m2 diasumsikan ketinggian plafond kamar tidur 3 meter. BTU adalah satuan energi singkatan dari British Thermal Unit yang merupakan satuan yang digunakan seberapa besar panas yang dapat dikeluarkan dari suatu ruang dalam waktu satu jam.

Jika kamar tidur anda berukuran 4 x 5 m, maka luasnya = 20 m2.
Energi yang dibutuhkan untuk ruangan itu pada siang hari adalah: Luas x 500 BTU/h/m2
= 20 m2 x 500 BTU/h/m2
= 10.000 BTU/h
Energi yang dibutuhkan untuk ruangan itu pada malam hari adalah: Luas x 350 BTU/h/m2
= 20 m2 x 350 BTU/h/m2
= 7.000 BTU/h

Berdasarkan hasil yang di atas AC yang anda perlukan adalah yang memiliki kapasitas 10.000 BTU, atau sering disebut juga 1 PK. Untuk mengetahui nilai BTU atau nilai PK ini dapat anda lihat melalui brosur, kemasan ataupun pada AC itu sendiri.

Perkembangan teknologi AC sekarang sangat konsern terhadap program hemat energi. Yang perlu anda perhatikan adalah kesesuaian kapasitas AC tersebut dengan kamar tidur anda.

0 komentar:

Poskan Komentar